Facebook View
Blog Panduan Panel Surya, Cara Kerja, Pemasangan Dan Manfaatnya

Panduan Panel Surya, Cara Kerja, Pemasangan Dan Manfaatnya

Panduan Lengkap Panel Surya Cara Kerja Pemasangan Dan Manfaatnya

Apa Itu Panel Surya Dan Apa Fungsinya?

Panel surya adalah perangkat yang dapat menghasilkan listrik dengan menyerap dan mengubah sinar matahari menjadi energi yang dapat digunakan di hampir semua tempat yang menggunakan listrik. Mereka memanfaatkan energi dari matahari dan mengubahnya menjadi listrik untuk rumah dan bisnis kita. Panel surya menjadi semakin populer karena semakin banyak orang mencari cara untuk menghemat biaya untuk tagihan energi mereka.

Apa Itu Sel Surya?

Sel surya adalah perangkat elektronik yang mengubah energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotovoltaik yang merupakan fenomena fisik dan kimia. Sel surya biasanya disebut sel fotovoltaik dari prosesnya mengubah cahaya menjadi listrik. Sel surya berbeda dengan panel surya. Kumpulan sel surya yang dirangkai menjadi satu panel disebut panel surya. Lihat kotak-kotak biru di panel surya? Masing-masing kotak tersebut adalah sel surya.

Panel Surya Terbentuk Dari Apa Saja?

Panel surya dibuat menggunakan banyak komponen dari berbagai material.

  • Kotak sambungan, berfungsi sebagai penghubung antara susuan sel surya dan alat pengatur pengisian daya.
  • Lembar insulasi belakang, biasanya terbuat dari polimer atau kombinasi polimer, yang mana berfungsi untuk mengisolasi sirkuit elektrik di dalam dengan lingkungan luar.
  • Lembar pembungkus, yang biasanya terbuat dari polimer EVA (Ethyl Vinyl Acetate) memungkinkan cahaya matahari masuk sebanyak mungkin ke dalam sel surya selagi mencegah radiasi UV berbahaya.
  • Sel surya / fotovoltaic adalah alat yang mengubah cahata menjadi listrik. Ini adalah komponen paling penting. Sel surya dilindungi oleh 2 lembar EVA (di atas dan di bawah sel surya) yang lalu dipanaskan bersama hingga 150°C untuk mempolimerisasi lembar EVA dan menyatukan modul-modul tersebut.
  • Kaca tempered yang sangat transparan berfungsi sebagai lembar pelindung untuk mencegah faktor lingkungan seperti uap, air dan kotoran dari merusak sel surya. Tolong perhatikan bahwa kami menggunakan kata “sangat transparan” untuk suatu alasan.
  • Terakhir adalah rangka aluminium yang teranodisasi yang membungkus semua komponen jadi satu, sehingga menghasilkan satu panel surya. Rangka aluminium ini melalui proses anodisasi untuk mencegah korosi dalam jangka lama. Berapa lama mencegah korosi? Tergantung tebalnya lapisan anodisasi Anda.

Berbagai Jenis Sel Surya

Sel surya yang membuat satu panel surya memiliki 3 jenis umumnya. Jenisnya adalah sel Crystalline Silicon, sel Thin Film dan sel Generasi Ketiga. Ketiga jenis ini dapat dibedakan berdasarkan material yang digunakan, tingkat efisiensi, fleksibilitas dan tentunya harga.

Sel Crystalline Silicon terbuat dari Crystalline Silicon yang dipotong dari ingot (batangan) besar yang ditumbuhkan di laboratorium. Ingot ini dapat berbentuk satu kristal atau banyak kristal. Kristal tunggal akan membuat panel surya monocrystalline sementara kristal yang banyak akan membuat panel surya polycrystalline. Panel surya polycrystalline berada di kelas menengah dalam segi harga dan efisiensi.

Sel Thin Film biasanya terbuat dari Amorphous Sillicon tetapi juga dapat dibuat dari Cadmium-Telluride, Copper Indium Gallium Diselenide (CIGS) atau material fotovoltaik organik lainnya. Sel Thing Film unggul dalam segi fleksibilitas karena dapat ditempel di jendela, kaca, atau di mana saja. Tetapi fleksibilitas ini memiliki kelemahan. Sel Thin Film kurang efisien dibandingkan dengan Crystalline Silicon. Sel Thin Film hanya mencapai tingkat efisiensi sekitar 7% - 12% sedangkan Crystalline Silicon mencapai efisiensi hingga 20%.

Sel Generasi Ketiga memberikan campuran terbaik dari kedua jenis di atas. Sel Generasi Ketiga ini biasanya terbuat dari Amorphous Sillicon, Perovskite Crystal atau polimer organik. Hal ini memungkinkan tingkat efisiensi lebih tinggi dan meningkatkan kemudahan. Sel pasangan Perovskite-Silicon dilaporkan memiliki efisiensi sekitar 30% yang mana lebih tinggi dari sel Crystalline Silicon.

Manfaat Menggunakan Panel Surya

Panel surya telah dikenal oleh banyak orang sebagai cara menghemat tagihan listrik karena panel surya menghasilkan listrik sendiri dari cahaya matahari. Namun ada juga manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan panel surya di rumah atau bisnis Anda.

  • Tenaga surya adalah tenaga yang bersih dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi atau merusak lingkungan saat menghasilkan listrik.
  • Tenaga surya adalah tenaga terbarukan yang berarti selalu tersedia kapanpun Anda dapat melihat matahari. Tapi tolong jangan melihat matahari secara langsung.
  • Menggunakan panel surya mengurangi tagihan listrik. Semakin banyak panel surya Anda semakin Anda melihat pengurangan di tagihan listrik Anda.
  • Panel surya dapat berfungsi sebagai sumber listrik darurat Anda. Biarlah rumah Anda lebih terang dari tetangga Anda saat lampu mati.
  • Memasang panel surya di rumah ternyata dapat meningkatkan harga properti saat Anda ingin menjualnya. Hanya jika, Anda meninggalkan panel suryanya.
  • Panel surya dapat bekerja di iklim apapun. Biarlah ada listrik di manapun cahaya matahari menyentuk panel surya Anda.

Pemasangan Panel Surya Dan Apa Yang Perlu Diperhatikan

Meskipun ada banyak cara untuk memasang panel surya, Anda tetap perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memasang panel surya.

Anda dapat memasang panel surya di atap, di atas tiang, di tanah, dinding, dan banyak tempat lainnya. Untuk memilih tempat terbaik untuk memasang panel surya Anda, Anda dapat mengingat bagaimana Obi-wan mengalahkan Anakin. Dataran tinggi menang. Ini karena semakin Anda memaparkan panel surya ke sinar matahari, semakin banyak Anda mendapatkan listrik dari panel surya Anda. Biasanya tempat tinggi seperti atap dan tiang akan menawarkan tempat terbaik untuk panel surya Anda. Temukan tempat yang tersentuh matahari secara konsisten di siang hari, dan itu akan menjadi tempat terbaik Anda.

“Dengan lokasi yang berbeda datanglah berbagai penyesuaian pemasangan”, kata Paman Ben.

Bercanda saja, paman Ben tidak mengatakan itu. Namun, Anda tetap harus memikirkan bagaimana Anda akan memasang panel surya Anda. Tempat yang berbeda akan membutuhkan komponen pemasangan yang serupa tetapi berbeda serta langkah yang berbeda untuk memasangnya. Tidak ada salahnya untuk mempelajari komponen pemasangan untuk melihat berapa lama komponen itu bertahan. Anda tidak ingin panel surya Anda bertahan lebih lama dari rangka pemasangan Anda.

Hal lain yang harus Anda pikirkan adalah apakah hal itu cocok untuk ke depannya atau tidak, terutama jika ini adalah pertama kalinya Anda mencoba panel surya atau jika Anda masih memiliki lebih banyak area yang dapat Anda gunakan untuk panel surya. Temukan komponen pemasangan yang mudah diperluas, dipasang, dan dirawat. Ini berarti tidak ada pengelasan, tidak ada pemakuan atau metode pemasangan permanen lainnya.

Anda beruntung karena semua produk CA-Solar modular, artinya anak Anda saja dapat memasangnya dalam waktu kurang dari setengah jam.

Kenapa Harus Memakai Komponen Pemasangan CA-Solar?

CA-Solar menawarkan produk modular dan mudah dipasang untuk rangka pemasangan panel surya. Produk ini dapat digunakan untuk memasang panel surya di tanah, tiang atau atap. Berikut adalah beberapa keuntungan memilih CA-Solar sebagai penyedia rangka pemasangan panel surya Anda.

  • Teranodisasi dengan ketebalan 10μm. Hal ini mencegah korosi pada produk kami.
  • Kokoh. Rangka pemasangan CA-Solar dapat menahan kecepatan angin hingga 60m/s.
  • Mudah diperluas. Tidak perlu khawatir tentang perluasan di masa depan jika Anda punya rangka dudukan CA-Solar. Proses perluasan sama atau bahkan lebih mudah dari pemasangan pertama.
  • Mudah dipasang. Produk CA-Solar didesain untuk modularitas yang berarti pemasangan produk kami akan berasa seperti bermain LEGO.
  • Garansi yang tahan lama hingga 10 tahun. Kami menjamin produk kami selama 10 tahun dan menjamin lapisan anodisasi selama 5 tahun.
  • Lokal! Anda tidak salah baca, produk CA-Solar kami dibuat secara lokal dan kualitasnya dijamin oleh ISO 9001:2015.