Facebook View
Blog Pemanfaatan Energi Matahari Menggunakan Panel Surya di Atap Rumah

Pemanfaatan Energi Matahari Menggunakan Panel Surya di Atap Rumah

Pemanfaatan Energi Matahari Menggunakan Panel Surya di Atap Rumah

Pemanfaatan panel surya bisa menjadi solusi dalam menghadapi permasalahan. Panel surya atau dikenal juga dengan solar panel menjadi sumber energi yang ramah lingkungan. Panel surya dapat menjadi alternatif pembangkit listrik mandiri yang memanfaatkan kekuatan sinar matahari untuk menghasilkan energi bersih dan terbarukan. Pembangkit listrik tenaga surya ini menjadi popular dan cukup sering terdengar di kalangan masyarakat. Sistem ini mulai diimplementasikan dan disesuaikan dengan kebutuhannya, mulai dari luas atap, kapasitas, serta teknik pemasangannya. Pembangkit listrik tenaga surya sendiri cukup berguna mengingat Indonesia adalah salah satu daerah tropis yang mudah sekali mendapatkan si-nar matahari. Berikut kami akan membahas pengertian serta cara kerja dari panel surya ini. Jika Anda tertarik memasang panel surya sebagai solusi penghematan listrik? Artikel ini akan mem-bantu memberikan pembahasan mengenai panel surya, cara kerja, manfaat, cara pemasangan panel surya, hingga harga dari panel surya itu sendiri.

Pengertian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Pembangkit listrik tenaga surya adalah sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan fotovoltaik (photovoltaic). Energi ini nantinya akan disimpan ke dalam sebuah baterai, kemudian akan dikeluarkan untuk mengoperasikan perangkat elektronik atau apapun sesuai kebutuhan listrik yang akan digunakan. Pembangkit listrik tenaga surya tentunya menggunakan alat yang bernama panel surya. Alat ini yang berfungsi sebagai sarana pengubah cahaya matahari menjadi energi listrik yang nantinya akan disalurkan ke baterai. Lalu bagaimana kinerja dari panel surya? Simak berikut pembahasannya.

Apa itu Panel Surya

Panel surya adalah alat yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Panel surya juga dikenal sebagai modul fotovoltaik (PV), terdiri dari beberapa sel surya yang saling berhubungan. Sel-sel ini bertanggung jawab untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik melalui efek fotovoltaik. Ketika sinar matahari menyinari permukaan panel surya, elektron di dalam sel akan tereksitasi, sehingga menciptakan arus listrik. Lalu energi listrik yang dihasilkan akan disimpan ke dalam baterai, yang nantinya dapat digunakan untuk perangkat elektronik sesuai dengan kebutuhan. Lalu bagaimana cara kerjanya? Simak berikut pembahasannya.

Cara Kerja Panel Surya

Secara sederhana dan awam, cara kerja dari panel surya adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menapung seluruh energi yang dihasilkan ke dalam baterai. Dengan hal ini, sistem dapat ber-jalan pada sore, malam hari, ataupun ketika sedang hujan lebat. Singkatnya adalah dari panas yang didapat, energi akan disalurkan ke baterai, lalu energi ini akan terpakai jika Anda ingin menyalakan barang elektronik. Listrik akan otomatis diambil dari baterai dan Anda dapat menikmatinya. Lalu apa sih manfaatnya dalam menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, simak penjelasan dibawah ini yaa.

Manfaat dari Menggunakan Panel Surya

Dari hal yang paling dasar adalah dapat menghemat tagihan listrik Anda. Kenaikan tariff listrik di be-berapa lokasi di Indonesia tentu saja berdampak bagi kondisi perekonomian masyarakat. Dengan memakai panel surya, maka tagihan listrik dapat berkurang hingga 40%, atau bahkan Anda tidak perlu membayar tagihan listrik karena anda dapat memenuhi kebutuhan listrik anda sendiri. Hal kedua dengan memakai Pembangkit Listrik Tenaga Surya secara tidak langsung Anda ikut ber-peran dalam menjaga kelestarian alam. Energi surya adalah sumber energi yang ramah lingkungan serta merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui dan terus tersedia di alam. Terakhir adalah cukup mudah diterapkan di Indonesia, jika Anda bertanya mengapa demikian jawa-bannya adalah Indonesia merupakan Negara tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini yang membuat Negara kita cocok dalam penerapan energi surya. Dengan demikian, sistem ini secara tidak langsung dapat diterapkan di setiap rumah di Indonesia dan menjadi pembangkit listrik mandiri.

Ketentuan Pemasangan Panel Surya di Atap Rumah

Pemasangan sistem ini tetap saja ada ketentuannya, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memasang panel surya. Yang pertama adalah perhatikan lokasi pemasangan. Instalasi panel surya biasanya diletakkan di atap rumah, karena atap rumah merupakan lokasi yang paling sering dan paling banyak mendapat-kan sinar matahari. Namun, agar energi yang didapatkan semakin maksimal, Anda perlu memper-hatikan lokasi rumah. Jika rumah anda berada di samping gedung gedung yang tinggi maka aka na-da beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam peletakan panel surya. Kedua belilah komponen yang berkualitas serta terpercaya. Tidak dipungkiri bahwa pembelian kom-ponen panel surya sebaiknya tidak sembarangan. Pastikan Anda melakukan pengecekan terhadap kredibilitas penjual dan membeli komponen tersebut dari penjual yang terpercaya. Hal ini berkaitan pada instalasi listrik yang bisa berbahaya jika terjadi kesalahan pada sistem, atau komponen penun-jang yang kurang berkualitas sehingga dapat menyebabkan ketidaksempurnaan saat pemasangan.

Komponen dan Kerangka Pemasangan Panel Surya

Komponen panel surya sangat penting karena nantinya akan berpengaruh pada pengaplikasian ketika dipasang pada atap rumah. Permasalahan lainnya adalah pemasangan panel surya ini dilakukan dengan paten atau permanen, hal ini cukup menyulitkan karena ketika terjadi kesalahan pemasangan atau Anda ingin memindahnya, Anda akan kesulitan dan mengeluarkan biaya tambahan. Tapi jangan khawatir, CA-Solar menawarkan komponen panel surya yang berkualitas dan dapat membantu permasalahan Anda. Produk CA-Solar memiliki produk yang mudah dipasang dan dibongkar, serta dengan sistem modular yang memudahkan untuk memindahkan panel ke tempat lainnya. Selain itu beberapa keuntungan anda saat memilih produk dari CA-Solar seperti berikut ini.

  1. Produk anti korosi karena teranodisasi dengan ketebalan 10μm.
  2. Produk CA-Solar dapat menahan kecepatan angin hingga 60m/s sehingga cukup kokoh dan tidak perlu khawatir jika lokasi rumah Anda seringkali berhembus angin kencang
  3. Produk rangka frame kami sangat mudah diperluas, tidak perlu khawatir jika nantinya Anda ingin memperluas panel surya dikemudian hari.
  4. Produk CA-Solar sangat mudah dipasang, karena didesain untuk modularitas sehingga ketika Anda memasangnya akan terasa seperti bermain LEGO.
  5. Kami juga menjamin produk kami selama 10 tahun dan menjamin lapisan anodisasi selama 5 tahun. Garansi yang cukup lama ini kami menjamin mutu dan kualitas dari produk CA-Solar sendiri yang kuat.
  6. Lokal! Ya Anda tidak salah baca, produk CA-Solar kami dibuat secara lokal dan kualitasnya di-jamin oleh ISO 9001:2015.

Jadi tunggu apalagi, dengan pemasangan yang mudah dan simple saat diaplikasikan kami yakin produk CA-Solar dapat membantu dan menjadi solusi anda dalam pemasangan panel surya. Segera gunakan komponen pemasangan panel surya dari CA-Solar, untuk mendapatkan penawaran terbaik, segera konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami sekarang juga!