Facebook View
Blog Pemanfaatan Energi Surya Pada Industri Green Manufacturing

Pemanfaatan Energi Surya Pada Industri Green Manufacturing

Memanfaatkan Tenaga Surya

Green Manufacturers atau Produsen Ramah Lingkungan adalah produsen yang meneliti, mengembangkan, atau memanfaatkan teknologi dan praktiknya untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Salah satu langkah yang digunakan adalah dengan memanfaatkan energi matahari dalam proses operasi produksi. Di beberapa Negara telah diterapkan Green Manufacture sebagai prasyarat dalam proses produksi.

Apa itu Panel Surya dan Bagaimana Cara Penggunaannya di Bangunan Industri?

Pemanfaatan energi surya dengan penggunaan panel surya adalah cara yang bagus untuk mengurangi biaya energi dari bangunan industri dan membuatnya lebih ramah lingkungan. Dengan mengubah energi matahari menjadi listrik yang dapat digunakan, panel surya dapat memberikan penghematan biaya yang signifikan untuk bisnis sekaligus mengurangi limbah karbon.

Teknologi panel surya telah berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya bagi bisnis untuk memasangnya di atap atau bahkan di sisi bangunan mereka. Panel surya tidak hanya mengurangi tagihan energi listrik, tetapi juga membantu perusahaan memenuhi standar manufaktur ramah lingkungan dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih. Dengan bantuan teknologi panel surya, bangunan industri dapat menjadi lebih berkelanjutan dan mengurangi ketergantungan mereka pada sumber energi tradisional.

Apa Manfaat Penggunaan Energi Surya Bagi Industri?

Penggunaan tenaga surya untuk proses produksi di industri akan membantu memenuhi kebutuhan listrik yang digunakan sehari-hari. Melimpahnya tenaga surya yang didapat di Indonesia sebagai negeri yang berada dekat dengan khatulistiwa menjadi potensi besar dalam pemanfaatannya. Di Indonesia, masih belum banyak perusahaan yang menerapkan Green Manufactures. Sebagian besar bangunan industri memiliki bangunan yang luas dengan atap datar atau atap miring dengan permukaan yang luas. Atap yang luas tersebut dapat menjadi potensi sebagai letak solar panel untuk menangkap energi surya.

Pemasangan solar panel di atap pabrik belum banyak diaplikasikan oleh perusahaan di Indonesia. Sebenarnya, memasang panel surya di gedung industri adalah langkah cerdas untuk bisnis yang ingin menghemat uang dan mengurangi dampak lingkungannya. Energi matahari adalah sumber energi terbarukan yang dapat membuat bisnis lebih stabil dalam biaya energi listriknya dan mengurangi ketergantungannya pada sumber energi tradisional.

Selain itu, dengan memasang sistem panel surya, bisnis dapat memperoleh keuntungan dari penghematan yang terkait dengan sistem atap panel surya, serta dari insentif pajak yang tersedia untuk instalasi tenaga surya. Dengan semua manfaat tersebut, tidak heran mengapa semakin banyak bisnis yang memilih untuk memasang panel surya di gedung mereka.

Bingung memilih desain instalasi panel surya yang cocok untuk Anda?

Konsultasi GRATIS dengan tim sales engineer kami!
Janjian Konsultasi

Ingin memasang panel surya di atap gedung industri Anda? Mencari solar mounting system yang tepat, kuat dan tahan lama? Tunggu apalagi, klik disini untuk memesan CA-Solar Mounting System.